Blogspot yang membahas tentang Tutorial Blogger, Animasi Blogger, Google Adsense, Game Blogger, Seo Blogger, Template Blogger, TV Online, Dan Tools Blogger

Wednesday 12 March 2014

Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6

Istilah-Istilah Visual Basic

Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6
| Blogger Update. Assalamualaikum wr.wb. Selamat sore menjelang magrib, jangan lupa sholatnya bagi yang beragama islam. Kali ini saya akan berbagi tentang visual basic khususnya Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6. Saya menuliskan artikel ini karena keperluan tugas kuliah hehe. Langsung saja berikut ini merupakan Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6 :

1. Event driven
Dalam pemrograman komputer, pemrograman kendali event atau program berdasarkan aktivitas adalah sebuah pola fikir pemrograman, dimana program aliran ditentukan oleh peristiwa, yaitu sensor pengguna output dan tindakan(mouse klik, tombol yang ditekan) atau pesan dari program lain atau benang.

Pemrograman kendali-event juga dapat didefinisikan sebagai suatu teknik arsitektur aplikasi di mana aplikasi memiliki loop utama yang  jelas dibagi menjadi dua bagian: yang pertama adalah peristiwa seleksi (atau acara deteksi), dan yang kedua adalah penanganan peristiwa.  Pada embedded system yang sama dapat dicapai dengan menggunakan menyela bukannya terus-menerus menjalankan loop utama, dalam kasus mantan bagian dari arsitektur terletak sepenuhnya di hardware.

2. GUI (Graphical User Interface)
GUI (Graphical User Interface) adalah jenis antar muka pengguna barang yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program di lebih banyak cara dibandingkan mengetik seperti komputer, perangkat genggam seperti Mp3 players, portable media players atau perangkat permainan, rumah tangga dan peralatan kantor dengan gambar daripada teks.

3. DAO ( Data Access Object )

DAO
adalah suatu penghubung antara program yang kita buat dalam Visual Basic 6 dengan sebuah database yang ada di luar program itu sendiri. Bisanya, database yang dihubungkan dibuat dari dalam Visual Basic itu sendiri dengan memanfaatkan perintah / Add- ins Visual Data Manager. Format database yang dapat di simpan antara lain adalah Access, DBASE, FoxPro ( dapat dibuat juga dengan menggunakan Microsoft Visual FoxPro ), Paradox, ODBC dan Text Files.

4. OLE (Object Linking and Embedding)

Object linking and embedding (OLE) 
adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan embedding dan menghubungkan ke dokumen dan objek lain.

OLE pertama kali dirilis pada tahun 1990, yaitu OLE 1.0 adalah evolusi asli dari “dynamic data exchange” atau DDE, konsep bahwa microsoft dikembangkan untuk versi sebelumnya dari windows. Sementara DDE terbatas jumlah terbatas untuk mentransfer data antara dua menjalankan aplikasi, OLE mampu mempertahankan hubungan aktif antara dua dokumen atau bahkan melekatkan satu jenis dokumen dalam lainnya. dan ada pula OLE 2.0 sebagai evolusi dari OLE 1.0, dan selanjutnya diperkenalkan OLE custom controls yang diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai pengganti yang sekarang usang Visual Basic Extension controls.

OLE mengizinkan sebuah editor untuk “pertanian keluar” bagian dari dokumen editor lain dan kemudian mengimpornya kembali. Sebagai contoh, sebuah desktop publishing sistem akan mengirimkan beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama dari menggunakan OLE adalah untuk menampilkan visualisasi data dari program lain bahwa program host biasanya tidak dapat menghasilkan sendiri (misalnya kue-chart dalam sebuah dokumen teks), serta untuk menciptakan file master. Referensi data dalam file ini dapat dibuat dan master file yang bisa lalu telah berubah data yang kemudian akan berpengaruh pada dokumen yang direferensikan.

5. ActiveX

ActiveX
adalah sebuah kerangka kerja untuk mendefinisikan reusable komponen perangkat lunak yang melakukan fungsi tertentu atau sejumlah fungsi dalam microsoft windows dengan cara yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk melaksanakannya. Sebuah aplikasi perangkat lunak kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih dari komponen ini dalam rangka untuk memberikan fungsinya.
 

Program ini diperkenalkan pada tahun 1996 oleh microsoft sebagai perkembangan dari Component Object Model (COM) dan Object linkng dan embedding (OLE) teknologi dan biasanya digunakan dalam windows sistem operasi, meskipun teknologi itu sendiri tidak terikat padanya.

6. OCX

OCX
dukungan untuk menggunakan tools tambahan dan merupakan ekstensi file dari kontrol OLE (.OCX)

7. DLL (Dynamic-link library)

Dynamic-link Library atau DLL,
adalah microsoft pelaksanaan shared library (perpustakaan berbagi), konsep dalam Microsoft windows dan OS/2 sistem operasi. Perpustakaan ini biasanya mempunyai ekstensi file DLL, OCX (untuk perpustakaan yang mengandung ActiveX kontrol), atau DRV (untuk warisan driver sistem). Format file DLL adalah sama seperti untuk Windows EXE file – yaitu, Portable Executable (PE) untuk 32-bit dan 64-bit Windows, dan new executable (NE) untuk 16-bit Windows. Seperti dengan mantanku, DLL dapat berisi kode,data dan sumber daya, dalam setiap kombinasi.

8. DDE (Dynamic Data Exchange) 

Dynamic Data Exchange (DDE)
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987 dengan merilis Windows 2.0, Itu menggunakan “Windows Messaging Layer” fungsionalitas dalam Windows.  Oleh karena itu, DDE terus bekerja bahkan dalam versi modern Windows.  Teknologi baru telah dikembangkan yang, sampai batas tertentu, dibayangi DDE (misalnya OLE, COM. dan OLE automation, namun masih digunakan di beberapa tempat di dalam Windows, misalnya shell file asosiasi, untuk menyalin, memotong dan menyisipkan fungsi. Fungsi utama dari DDE ini adalah untuk memungkinkan aplikasi Windows untuk berbagi data.


Sekian dari saya Mochammad Fikri yang menuliskan artikel berjudul Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6, semoga bisa diikuti oleh pembaca sekalian dan jika ada yang kurang jelas atau anda ingin bertanya seputar topik diatas anda bisa menuliskannya dikotak komentar dibawah. Simak juga artikel lainnya seputar Visual Basic : Visual Basic, Kalkulator Sederhana - Visual Basic, Kamus Lengkap Visual Basic dan Perbedaan VB 6 dengan VB.net. Terima kasih sudah berkunjung. 

Dilarang untuk meng-copas artikel ini kecuali menuliskan sumbernya
DMCA.com

Istilah-Istilah Dalam Visual Basic 6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fikri

6 komentar:

  1. wiiiih pasti adminnya master C++ niih
    ane aja ngerti nggak .wkwkwkwkwwk

    Master programer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh master programmer tapi Aamiin deh, ini bukan C++ kawan tapi visual basic :D

      Delete
  2. Replies
    1. Yap gan sering-sering mampir yah ke blog kecil ini :D

      Delete
  3. pengen belajar VB blm kesampean sampai sekarang...tambah lagi tutornya ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mas diusahakan saya taruh semua ilmu VB saya dalam blog saya ini, jadi sering-sering aja yah mampir ke blog kecil ini :D

      Delete

 
notifikasi
close